Selamat Datang di Blog Syalwan Computer Bojonghaur - Lengkong - Sukabumi

Diktat


PERTEMUAN  I
MEMULAI PROGRAM MICROSOFT WORD
                                                           
M
icrosoft Word merupakan program pengolah kata yang banyak dipakai saat ini. Seperti pembuatan surat perkantoran, makalah, skripsi, dan banyak masih  lagi kegunaan dari Microsoft Word. Microsoft Word baru dapat dijalankan apabila system operasi windows telah kita aktifkan.

A.   Langkah memulai Microsoft Word adalah sebagai berikut :
Ø  Aktifkan Komputer terlebih dahulu.
Ø  Klik tombol Start yang ada pada taskbar
Ø  Pilih Program, lalu klik Microsoft Word.

Tunggu hingga tampil lembar kerja Word muncul
BELAJAR KOMPUTER













Keterangan :
o   Baris judul          :     Barisan nama program aplikasi dan nama dokumen yang sedang dibuka.
o   Baris menu        :  Lajur yang memuat menu-menu yang berisi  perintah-perintah word (menu File…….Help).
o   Tombol ukuran jendela  :  Mengatur ukuran jendela.
    Minimize     :   Memperkecil / menyembunyikan ukuran jendela.
    Maximize    :   Memperbesar ukuran jendela.
    Restore      :   Mengembalikan / mengecilkan ukuran jendela ke ukuran semula.
    Close          :   Menutup jendela.
o   Toolbar Standar :  Barisan tombol perintah word standar, contoh copy, paste, cut, dan lain-lain.
o   Toolbar Pemformatan  :  Barisan tombol berisi perintah word untuk proses memformat. Contoh : copy naskah, menebalkan huruf, dll.
o   Kursor  :  Garis tegak berkedip-kedip tempat memulai pengetikan word.
o   Penggulung Layar  :  Tempat menggulung atau menggerakkan layar menggunakan mouse.
o   Toolbar Drawing (gambar)  : Untuk memilih menu menggambar di word.
o       Baris Status  :  Menampilkan informasi mengenai perintah yang sedang digunakan pada dokumen saat itu.

B.  Membuat Dokumen Baru.
§      Pada jendela Microsoft Word , pilih menu File, klik tombol New atau
§      Double klik pada Icon Blank Document  
§      Lembaran kerja Microsoft Word siap untuk digunakan pengetikan.
     Atau bisa juga menggunakan alternatif dengan cara :
§      Menekan Ctrl – N  pada keyboard.

C.  Menyimpan Dokumen
Segera setelah memulai pengetikan, sebisa mungkin dilakukan penyimpanan. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kemungkinan kehilangan data/dokumen. Berikut ini adalah cara penyimpanan dokumen di Ms. Word :
Ø  Pada jendela Microsoft Word , pilih menu File, klik tombol Save.
Ø  Pada layar akan ditampilkan kotak dialog Save, ketikkan nama file di File Name.
Ø  Lalu klik Save
Atau menekan Ctrl – S  (Control S di papan keyboard)

                                                Ketik Nama File                                            Klik Save

D.  Membuka File Yang Sudah Tesimpan
1.    Klik menu File lalu pilih Open, maka akan tampil kotak dialog Open.
2.    Pilih file yang ingin dibuka dengan menentukan letak foldernya terlebih dahulu.
3.    Klik pada nama file yang akan dibuka.
4.    Klik tombol Open, maka file yang tadi dipilih akan dibuka











E.  Menutup Program Ms. Word
      Berikut ini adalah cara menutup program Microsoft Word, yaitu :
Ø  Klik menu File lalu pilih Exit.
Ø  Atau klik tombol Close di sudut atas sebelah kiri.
Latihan 1 :
Ø  Buatlah teks dibawah ini :

MICROSOFT WORD
Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan  nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983),  Apple Macintosh (1984),  SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word.


BOJONGHAUR COMPUTER

            Bojonghaur Computer merupakan tempat kegiatan siswa  yang berminat untuk mendalami bidang computer baik hardware maupun software.
            Disini akan dipelajari berbagai cabang ilmu dalam bidang Computer, seperti cara mengoperasikan computer ( paket operator), internet, perakitan dan penginstalan serta teknisi computer.
            Bagi siswa- siswi yang berminat dalam bidang tersebut, dapat segera mendaftarkan diri kepada kami, tanpa biaya pendaftaran, penerimaan siswa terbatas.
Informasi lebih lengkap dan jelas hubungi 081911756055 atau datang langsung ke Laboratorium Computer MI bojonghaur setiap hari kerja.

Ø  Simpanlah file tersebut dengan nama Latihan – 1.  







PERTEMUAN  II
MEMBUAT NASKAH

A.   Memulai Pembuatan Naskah
§      Aktifkan lembar kerja Microsoft Word
§      Aturlah Margin lembar kerja
§      Ketiklah naskah yang diinginkan

B.     Mengatur Setting Halaman  ( Margin Dan Ukuran Kertas )
1.   Margin Halaman
§      Klik menu File lalu pilih Page Setup
ü  Top        :  Jarak antara sisi atas kertas dengan teks/naskah.
ü  Bottom  :  Jarak antara sisi bawah kertas dengan teks/naskah.
ü  Left       :  Jarak antara sisi kiri kertas dengan sisi kiri naskah.
ü  Right     : Jarak antara sisi kanan kertas dengan sisi kanan naskah.
ü  Gutter    : Jarak spasi tambahan pada margin kiri yang ditujukan sebagai tempat penjilidan.
ü  Gutter Position   :  Letak gutter.
ü  Orientation   : Pengaturan arah cetakan halaman dengan Portrait (memanjang) dan Landscape (melebar).
ü  Preview  :  Tampilan layar Word.

2.      Paper  Size
§      Klik menu File.
§      Pilih Page Setup lalu klik Paper
ü  Paper size  :  Menentukan ukuran kertas. Contoh : A4, Legal, dll.
ü  Width        :  Menentukan ukuran lebar kertas.
ü  Height       :  Menentukan ukuran tinggi kertas.

C.    Tata Cara Penulisan
ð  Untuk pengetikan huruf besar di awal kata atau kalimat, tekanlah tombol Shift bersamaan dengan tombol huruf awal kata  (jika Caps Lock tidak hidup)
ð  Untuk pengetikan naskah dalam huruf besar semua, tekan  tombol Caps Lock.
ð  Untuk menghapus kata atau kalimat sebelah kiri tekan tombol Backspace.
ð  Untuk menghapus kata atau kalimat sebelah kanan tekan tombol Delete.
ð  Untuk menurunkan kursor ke baris berikutnya tekan tombol Enter.
ð  Untuk masuk ke paragraph baru tekan tombol Tab.
ð  Untuk memberikan spasi pada suatu kata atau kalimat tekan tombol Spacing.
ð  Untuk menuju ke awal kalimat teks tekan tombol Home.
ð  Untuk menuju ke akhir kalimat teks tekan tombol End.
ð  Untuk mengaktifkan tombol angka keyboard sebelah kanan tekan tombol Num Lock.

D.    Pengaturan Perataan Teks
Untuk meratakan teks, pilih salah satu bentuk perataan yang diinginkan:
*   Align Left (Ctrl + L)    :  Perataan teks sebelah kiri.
*   Center (Ctrl + E)          :  Perataan teks di tengah.
*   Align Right (Ctrl + R)  :  Perataan teks sebelah kanan.
*   Justify (Ctrl + J)           :  Perataan teks sebelah kiri dan kanan

E.           Memformat Karakter Huruf Pada Naskah
Ø  Dari menu FormatFont
Ø  Font :  Pengaturan huruf.
ü  Font  :  Memilih jenis huruf. Contoh : Arial, Tahoma, dll.
ü   Font Style      :           Bold (Memilih ketebalan huruf), Italic (Memiringkan huruf), Underline (Memilih garis bawah pada huruf). 
ü  Size  :  Memilih ukuran huruf.
ü  Font Color       :  Memilih warna huruf.  
ü  Underline Style           : Memilih bentuk dan ketebalan garis bawah huruf.
ü  Underline Color          :  Warna garis bawah huruf.
ü  Effects            :  Menentukan efek cetak huruf.
Atau kita bisa mengatur format teks dari icon Toolbar Formatting.
  Font  :  Memilih jenis huruf  (Ctrl + Shift + F).
*  Font Size :  Memilih ukuran huruf (Ctrl + Shift + P).
*      Bold         :  Huruf cetak tebal (Ctrl + B).
*      Italic         :  Huruf cetak miring (Ctrl + I).
*      Underline  :  Menggaris bawahi huruf (Ctrl + U).
   Font Color  :  Mewarnai huruf.

Latihan 2 :

Ø  Buatlah teks dibawah ini :
Penyebaran virus dewasa ini semakin ganas, motif yang digunakanpun semakin beragam, mulai dari hanya sekedar ”pamer” , sampai dengan merusak dan mengambil data. Media penginfeksian pun semakin canggih mulai dari disket, LAN sampai internet. Ada satu hal yang pasti, penyebaran virus tersebut telah membawa dampak yang cukup besar (dan menyebalkan) bagi para pengguna komputer baik materiil maupun non materiil.
Maraknya penyebaran virus dan spyware, rupanya semakin memberikan semangat bagi para pembuat virus lokal untuk terus ”berkarya”.
 hal ini terbukti dengan keluarnya virus lokal baru dengan nama resmi W32/Kang.A atau lebih dikenal dengan nama Kangen. Dinamakan Kangen karena setiap komptuer yang terinfeksi akan menampilkan refrain lagu Kangen (Dewa 19) pada file MS Word atau wallpaper. Norman
Virus Control mendeteksi virus ini pada tanggal 14 April 2005 sebagai W32/Kang.A. Cara kerja virus Kangen mempunyai kemiripan dengan virus Pesin dengan beberapa perbedaan kecil. Sama seperti Pesin / MyHeart, Kangen menyebar melalui disket dan jaringan (File Sharing) dan akan membuat file yang mengandung virus mirip dengan dengan icon file dokumen MS. Word dengan ekstensi.EXE (contoh: Kangen.exe dengan ukuran 64kb). Dalam menyebarkan dirinya melalui jaringan (file sharing), Kangen tidak dapat berjalan secara otomatis melainkan memerlukan bantuan pihak ketiga untuk menjalankan file yang telah terinfeksi. Jika file ini dijalankan maka akan muncul dokumen MS. Word dengan teks Refrain lagu Kangen
Pengaturan Page Set Up:
Ø  Kertas             : A4
Margin :
Ø  Left                 : 2.5
Ø  Right               : 2.5
Ø  Top                 : 3
Ø  Bottom            : 3

Orientation : Portrait

PERTEMUAN  III
MENGEDIT  NASKAH

A.    Membuat Block Pada Teks
Ø  Menggunakan Keyboard, tempatkan kursor pada awal kata / kalimat yang akan diblock
Ø  Tekan tombol Shift sambil menekan tanda panah  ( è ) ke awal kata / kalimat.


Atau  bisa  menggunakan  Mouse
Ø  Klik kiri tanpa dilepas (drag ) pada awal kata / kalimat yang akan diblock
Ø  Seret penunjuk mouse hingga ke akhir kata / kalimat yang akan diblock
Ø  Lepas klik mouse tersebut
Untuk menghilangkan tanda block di teks klik di sembarang tempat dalam jendela dokumen.

B.     Mengcopy Kata / Kalimat
Ø  Block kata / kalimat yang akan di-copy
Ø  Klik menu EditCopy atau klik icon *        atau dengan tombol Ctrl + C
Ø  Letakkan kursor pada tempat yang akan diletakkan hasil copy-an
Ø  Klik menu EditPaste atau klik icon *        atau dengan tombol Ctrl + V

C.    Memindahkan Kata / Kalimat
Ø  Block kata / kalimat yang akan dipindahkan
Ø  Klik menu EditCut atau klik icon *       atau dengan tombol Ctrl + X
Ø  Letakkan kursor pada tempat yang ingin dipindahkan.
Ø  Klik menu EditPaste atau klik icon *        atau dengan tombol Ctrl + V

D.    Membatalkan Perintah
Apabila dalam pengetikan tidak sengaja melakukan kesalahan, baik dalam pengeditan, pemformatan dan lain sebagainya maka gunakan:
*             Undo (Ctrl + Z)    :  Membatalkan pengeditan.
*             Redo (Ctrl + Y)    :  Membatalkan pembatalan pengeditan
E.     Change Case
Ø  Blok kalimat / kata yang ingin dirubah format hurufnya.
Ø  Klik menu FormatChange Case
o   Sentence case        :  Mengubah kalimat pada teks dengan diawali huruf besar.
o   lowercase              :  Mengubah kata atau kalimat dengan huruf kecil.
o   UPPERCASE       :  Mengubah kata atau kalimat dengan huruf besar.
o   Title Case              :  Mengubah setiap awal kata dengan huruf besar.
o   tONGLE cASE    :  Mengubah setiap awal kata dengan huruf kecil
F.     Find,  Replace,  and  Go To
1.      Find (Mencari)
o   Klik EditFind atau tekan tombol Ctrl + F
o   Ketik kata yang akan dicari di kotak Find What
o   Klik Find Next untuk mencari
o   Tutup jendela tampilan  ( X ) Find and Replace
2.      Replace (Mengganti)
o   Klik EditReplace atau tekan tombol Ctrl + H
o   Ketik kata yang ada pada dokumen yang ingin diganti di kotak Find What
o   Ketik kata pengganti di kotak Replace With
o   Klik Replace All (Untuk mengganti semua kata) atau Replace (untuk mengganti satu kata saja)
o   Tutup jendela tampilan Find and Replace
3.      Go To (Menuju Ke Halaman Tertentu)
o   Klik EditGo To atau tekan tombol Ctrl + G
o   Ketik angka atau nomor halaman yang dituju pada Enter Page Number.
o   Lalu klik Go To







Gambar :  Find, Replace, Go To
LATIHAN 3 :

BAB III
KESIMPULAN

A. SARAN
Semakin cepatnya perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) menuntut manusia untuk mencoba membuat perubahan di segala jenis kehidupannya yang tujuannya adalah mendapatkan hasil maupun kondisi yang terbaik yang dapat dicapai.
Semakin cepatnya perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) menuntut manusia untuk mencoba membuat perubahan di segala jenis kehidupannya yang tujuannya adalah mendapatkan hasil maupun kondisi yang terbaik yang dapat dicapai.

B. PENUTUP
Semoga makalah ini dapat menggerakkan manusia Indonesia untuk lebih berkarya dan berinovasi sesuai dengan karakteristik masyarakat Indonesia sehingga mampu meningkatkan image bangsa di mata bangsa di dunia.









PERTEMUAN  IV
FORMAT  NASKAH

A.    Mengatur Paragraf dan Spasi
ð  Blok kalimat yang ingin diatur paragrafnya
ð  Klik menu FormatParagraph
ð  Klik Indent and Spacing
ð  Pada Spacing tentukan berapa spasi yang diinginkan
ð  Klik Ok.

Atau  dengan cara lain :
ð  Blok kalimat yang ingin diatur paragrafnya
ð  Tekan tombol kombinasi:
o   Untuk 1 spasi tekan  Ctrl + 1       (Single)
o   Untuk 1½ spasi tekan  Ctrl + 5    (1,5 lines)
o   Untuk 2 spasi tekan  Ctrl + 2       (Double)

B.  Bullets and Numbering
Ø  Bullets
ð  Blok atau tandai bagian naskah yang ingin dibuat Bullets.
ð  Dari menu Format – klik Bullets and Numbering.
ð  Klik Bulleted.
ð  Pilih jenis Bulleted yang diinginkan
ð  Selain itu juga bisa memilih alternatif Bulleted yang lain dengan mengklik Customize.
ð  Klik Character, lalu pilih jenis Bulleted yang Anda inginkan.
ð  Klik OK
     
Ø  Numbered
ð  Tandai bagian naskah yang ingin dibuat nomor berurut.
ð  Dari menu Format – klik Bullets and Numbering.
ð  Klik Numbered.
ð  Pilih jenis penomoran yang diinginkan.
ð  Selain itu juga bisa memilih alternatif  Numbered yang lain dengan mengklik Customize.
ð  Klik  OK.

C.    Borders and Shading
ð  Dari menu Format
ð  Klik Borders and Shading
o     Page Border        :  Membuat garis bingkai halaman.
ü  Setting          :  Memilih bentuk bingkai halaman.
ü  Style :  Memilih bentuk garis bingkai halaman.
ü  Color            :  Memilih warna garis bingkai halaman.
ü  Width           :  Memilih ketebalan garis bingkai halaman.
ü  Art    :  Memilih jenis bingkai halaman.
ü  Options     :  Memberikan pilihan pada jarak bingkai.
ð  Klik OK

Columns
ð  Blok atau tandai bagian naskah yang ingin dibuat berkolom
ð  Pilih menu Format – klik Columns
o   Number of columns          :  Menentukan jumlah kolom.
o   Width                                :  Menentukan lebar kolom
o   Preview                             :  Melihat tampilan sementara
ð  Klik  OK

Drop Cap
ð  Blok huruf yang ingin dibuat Drop Cap-nya
ð  Klik menu FormatDrop Cap
o   Position                      :  Pilih letak teks yang diinginkan.
o   Font                            :  Pilih jenis huruf.
o   Lines to drop              :  Tentukan jumlah baris tinggi drop cap.
o   Distance from text     :  Memodifikasi jarak drop cap dengan teks
ð  Klik OK
LATIHAN  4 :



B
atuk merupakan gejala infeksi saluran pernapasan bagian atas akibat virus, yakni infeksi pada hidung, sinus, dan saluran-saluran udara anda. Salesma dan influenza merupakan contoh yang umum. Batuk juga dapat timbul akibat iritasi tenggorokan karena keluarnya lendir ke bagian belakang tenggorokan. Batuk dimulai ketika suatu zat pengganggu mencapai salah satu reseptor di hidung, tenggorokan atau dada.



Atur format paragraph : 1,5 Lines

Pengaturan:
v Buatlah tulisan ini dengan menggunakan bullet and numbering, font size huruf 14, jenis font arial, paragraph singel.
v Simpan ketikan anda di dalam folder yang telah di tentukan dengan nama latihan 4, jika mengalami kendala harap di tanyakan kepada instruktur atau asisten instruktur.

Pengaturan:
1.   Buatlah tulisan ini dengan menggunakan bullet and numbering, font size huruf 14, jenis font arial, paragraph double.
2.   Simpan ketikan anda di dalam folder yang telah di tentukan dengan nama latihan 4, jika mengalami kendala harap di tanyakan kepada instruktur atau asisten instruktur.






PERTEMUAN  V
FORMAT  LANJUTAN 
A.       Menyisip Nomor Halaman
ð  Menu InsertPage Numbers
o   Position      :   Pengaturan posisi nomor halaman.
o   Alignment  :   Pengaturan perataan nomor halaman.
o   Show number of first page  :  Menampilkan atau menyembunyikan nomor halaman pada halaman pertama dokumen.
o   Format  :  Memodifikasikan format nomor halaman.
ü  Number format  :  Memilih format nomor halaman.
ü  Page numbering :  Mengatur urutan nomor halaman.
§  Continue from previous section  :  Penomoran halaman secara berurutan mulai dari awal hingga akhir.
§  Start At  :  Pengaturan nomor halaman awal
B.        Membuat Header dan Footer
ð  Menu ViewHeader and Footer
ð  Isikan catatan atas pada kolom Header dan catatan bawah pada kolom Footer
ð  Klik Close
C.       Membuat Teks WordArt
ð  Menu InsertPictureWordArt
ð  Select a WordArt  Style:  Pilih disain WordArt.
ð  Klik Ok
ð  Edit WordArt Text:  Ketik teks pada kotak teks.
Ø  Font        :  Memilih jenis huruf.
Ø  Size         :  Memilih ukuran huruf.
Ø  B (Bold)  :  Teks WordArt cetak tebal.
Ø  I (Italic)   :  teks WordArt cetak miring
ð  Klik Ok



D.    Menyisip Gambar
Ø  Memasukkan gambar dari Clip Organizer
ð  Menu InsertPictureClipArt.
ð  Pada pane tugas Insert ClipArt, klik Clip Organizer dan pilih gambar yang ada.
ð  Klik perintah Copy dan tutup jendela Microsoft Clip Organizer
ð  Klik perintah Paste
Ø  Memasukkan gambar dari File
ð  Menu InsertPictureFrom File
ð  Pilih file gambar yang ada – Klik tombol Insert


LATIHAN  6 :















PERTEMUAN  VI
MEMBUAT  TABEL

A.       Membuat Table Word
ð  Menu TableInsert Table
o   Table size                        :  Ukuran table.
ü  Number of columns   :  Tentukan jumlah kolom.
ü  Number of rows        :  Tentukan jumlah baris
o   AutoFit behavior  :  Pengepasan tabel otomatis.
o   AutoFormat                    :  Memilih bentuk format tabel.
ð  OK

B.        Fasilitas Pengolahan Tabel
ð  Dari menu Table, pilih:
o   Draw Table  :  Menggambar kotak tabel.
o   Insert  :  Menyisip tabel, kolom, baris atau sel.
o   Delete  :  Menghapus tabel, kolom, baris atau sel.
o   Select  :  Memilih tabel, kolom, baris atau sel.
o   Merge Cells  :  Menggabungkan sel.
o   Split Cells  :  Membagi sel.
o   Split Table  :  Membagi tabel.
o   Table AutoFormat  :  Memilih format tabel.
o   Auto Fit  :  Mengepas kolom / baris otomatis.
o     Heading Rows Repeat  :  Mengulangi judul tabel ke tabel halaman  berikutnya.
o     Convert  :  Mengubah jenis penulisan teks menjadi tabel atau  sebaliknya.
o   Sort          :  Mengurutkan data tabel.
o   Formula  :  Operasi perhitungan data tabel.
o   Hide Gridlines  :  Menyembunyikan garis bantu tabel.
o   Table Properties  :  Memodifikasikan tabel, kolom, baris atau sel


Cara Menggunakan Formula
ð  Letakkan kursor pada sel yang akan diisi rumus
ð  Dari menu TableFormula
ð  Isikan kotak Formula dengan
o   =Product(Left)   Untuk mengalikan semua bilangan yang ada sebelah kiri
o   =Product(Right) Untuk mengalikan semua bilangan yang ada  sebelah kanan
o   =Product(Above) → Untuk mengalikan semua bilangan yang ada diatasnya
o   =Sum(Left)  Untuk menjumlahkan semua bilangan yang ada sebelah kiri
o   =Sum(Right)   Untuk menjumlahkan semua bilangan yang ada sebelah kanan
o   =Sum(Above)   Untuk menjumlahkan semua bilangan yang ada atasnya
ð  Klik OK

Contoh Product :
NAMA BARANG
JUMLAH BARANG
HARGA PER UNIT
TOTAL HARGA
TELEVISI
10
2000000
?
KULKAS
8
1200000

PARABOLA
12
1500000

KOMPUTER
9
4000000

DVD PLAYER
10
  300000


Untuk  Perkalian  Gunakan  Fungsi  Product
=PRODUCT(LEFT)
ATAU
=B2+C2 MAKA HASILNYA D2







LATIHAN 6 :

A.
NO
NAMA
ALAMAT
PENDIDIKAN
E-MAIL
1.
Syalwan
Bojonghaur
S.2
2.
Wahdi
Bandung
S.1
3.
Aspi
Bojonghaur
SLTA
4.
Adun
Cisuren
SLTA

B.
PERANGKAT  KOMPUTER


HARDISK
FLOPPY DISK
CD-ROM


PROCESSOR


RAM

VGA



c.
TABEL GAJI KARYAWAN PT. ANGIN RIBUT
SUKABUMI
NAMA KARYAWAN
GAJI
POKOK
BONUS
PRESTASI
TOTAL GAJI BULANAN
DONO
2500000
1000000

DONI
5000000
1500000

DANI
3200000
1200000

DANU
4000000
2000000

DENA
3500000
1800000

TOTAL PENGELUARAN GAJI


PERTEMUAN  VII
MENGGUNAKAN  DRAWING

Cara Menggunakan AutoShapes
Ø  Membuat AutoShape
ð  Tampilkan Toolbar Drawing
ð  Klik AutoShapes pada kiri toolbar Drawing
ð  Pilih bentuk yang diinginkan (jika muncul kotak yang bertuliskan Create Your Drawing Here, maka tekan Esc atau Undo)
ð  Letakkan penunjuk mouse diawal gambar lalu drag (seret) sesuai dengan keinginan, lalu lepas drag-nya.











Ø  Memasukkan Teks pada AutoShape
ð  Klik gambar AutoShape yang ingin diisi teks di dalamnya
ð  Klik icon Text Box
ð  Klik pointer pada gambar AutoShape yang ingin diisi tulisan di dalamnya
ð  Ketikkan Teks yang diinginkan dalam kotak tersebut
Atau
ð  Klik kanan gambar AutoShape yang ingin diisi  teks di dalamnya
ð  Klik Add Text
ð  Ketikkan Teks yang diinginkan dalam kotak tersebut
Horizontal Scroll: ILMU PENGETAHUAN









Warna Hijau Ini Untuk Memutar Posisi




Warna Kuning Ini Untuk Melebarkan Posisi
LATIHAN  7 :
Down Ribbon: GOOD LUCK










PERTEMUAN  VII
 RUMUS 
A.       Membuat Typesetting Matematis
ð  Dari menu InsertObject
ð  Pilih Microsoft Equation 3.0
ð  Pilih pola yang sesuai dengan yang diinginkan pada Toolbar Equation dan ketik rumusnya
ð  Jika telah selesai klik sembarang tempat dalam lembaran kerja

Atau
ð  Klik icon
ð  Pilih pola yang sesuai dengan yang diinginkan pada Toolbar Equation dan ketik rumusnya
ð  Jika telah selesai klik sembarang tempat dalam lembaran kerja






Gambar
Tampilan Microsoft Equation 3.0


B.        Subscript  (Pangkat bawah)   dan  Superscript (Pangkat Atas)
ð  Blok huruf atau kalimat yang akan dijadikan subscript atau superscript
ð  Tekan tombol kombinasi:
o   *Ctrl + = atau klik icon      (untuk subscript / huruf agak kecil dan kebawah sedikit)
o   Ctrl + Shift + = atau klik icon       (untuk superscript / huruf agak kecil dan sedikit ke atas)
LATIHAN 8 :











PERTEMUAN  IX
MENCETAK / PRINT

Langkah yang dilakukan untuk mencetak dokumen adalah :
ð  Klik menu File
ð  Pilih Print Atau tekan tombol alternatif  Ctrl + P di keyboard
ð  Tentukan jenis printer pada kotak Printer Name
ð  Pada kotak Page range :
o   All                                  : Untuk mencetak semua lembaran pada file tersebut
o   Current page     : Mencetak hanya pada halaman dimana kursor itu diletakkan
o   Pages                 : Mengisi halaman dokumen yang akan dicetak
o   Number of Copies    Untuk mencetak dokumen berapa rangkap halaman yang akan di print
o   Properties Untuk mengatur setup mencetak
ð  Klik Ok